INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Sistem Pembelajaran

 

Model Belajar Peran Mahasiswa Peran  Dosen
Small Group Discussion Membentuk kelompok kecil, berdiskusi serta mempresentasikan hasil. Merancang diskusi, menyiapkan bahan, menetapkan aturan diskusi, menjadi moderator serta mengulas hasil.
Simulation Mempraktikan materi ajar atau menjalankan peran. Merancang situasi/kegiatan (contohnya bermain peran/role play, menggunakan model komputer) dan mengulas hasil.
Discovery Learning Mencari, mengumpulkan dan menyusun informasi Menyediakan petunjuk untuk menelusuri informasi serta mengulas hasil.
Self-Directed Learning Merencanakan kegiatan belajar, melaksanakan dan menilai pengalaman belajarnya sendiri. Memberi arah, bimbingan dan konfirmasi terhadap kemajuan belajar.
Cooperative Learning Membahas topik sesuai struktur secara berkelompok dengan penekanan pada keterampilan kerjasama. Menyiapkan topik, merancang struktur, memantau proses serta mengulas hasil.
Collaborative Learning Membahas topik yang bersifat open-ended dengan penekanan pada kemampuan membangun konsensus kelompok. Menyiapkan topik, menjadi fasilitator serta mengulas hasil.
Contextual Instruction Mempelajari konsep atau teori dengan mengaitkan ke praktik nyata atau studi lapangan. Menjelaskan teori, menyusun proses untuk mengaitkan teori dengan situasi nyata serta mengulas hasil.
Project-Based Learning Menghasilkan produk dan/atau kinerja dengan menggali informasi yang kompleks melalui proses terstruktur yang relatif panjang Menghasilkan produk dan/atau kinerja dengan menggali informasi yang kompleks melalui proses terstruktur yang relatif panjang
Problem-Based Learning Mempelajari masalah, melakukan pencarian informasi yang relevan, menata data dan mengaitkannya dengan masalah, kemudian menganalisis strategi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Menyiapkan masalah, menyediakan petunjuk serta mengulas hasil.