INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Profil Dosen

ADRIATIK IVANTI, M.PSI., PSIKOLOG

ADRIATIK IVANTI, M.PSI., PSIKOLOG

adriatik.ivanti@upj.ac.id 

Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Atmajaya, Jakarta dan Magister Psikologi Pendidikan, Universitas Indonesia ini biasa dipanggil Vivi. Memiliki keahlian penanganan Siswa Berkebutuhan Khusus dari usia 3 – 15 tahun. Kasus-kasus yang ditangani seputar gangguan disleksia, diskalkulia, disgrafia, ADHD, autis, asperger , gangguan bahasa dan komunikasi, hambatan intelektual, lambat belajar, anak berbakat, dan sebagainya. Vivi juga melakukan Praktek Psikologi di Klinik Buahati Mandiri/Klinik Anakku Cinere, Depok di luar waktu di UPJ.

Minatnya terhadap siswa berkebutuhan khusus dituangkan pula melalui beberapa penelitian dan pengabdian masyarakat mengenai intervensi, pencegahan, dan asesmen siswa berkebutuhan khusus yang masuk dalam jurnal nasional maupun seminar nasional. Pengalaman praktisi lebih dari 10 tahun dalam bidang Pendidikan Siswa Berkebutuhan Khusus membuat Vivi sering menjadi narasumber dan konsultan pada sekolah-sekolah inklusi yang ada di Jakarta, Bogor, Tangerang, BSD, dan Kalimantan. 

Dengan adanya pengalaman ini, Vivi mengajar mata kuliah-mata kuliah yang berkaitan dengan Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, dan Pendidikan Siswa Berkebutuhan Khusus, serta Psikologi Klinis dan Psikologi Abnormal. Dengan pengalaman praktisi 10 tahun lebih, Vivi menggunakan kasus-kasus yang dimiliki sebagai bahan pembelajaran para mahasiswa di kelas sehingga. Pengalaman mengajar selain di CIKAL juga pernah menjadi dosen (tetap dan luar biasa) di Fakultas Psikologi Universitas Paramadina serta dosen honorer di Fakultas Psikologi, Universitas Atmajaya Jakarta.

CLARA MONINGKA, S.PSI., M.SI.

CLARA MONINGKA, S.PSI., M.SI.

clara.moningka@upj.ac.id 

Lulusan S1 dan S2 Psikologi Universitas Gunadarma ini kini menempuh program Doktor Psikologi di universitas yang sama. Bergabung di PSI UPJ awal 2017, Clara pernah menjabat Ketua Lembaga Psikologi Universitas Kristen Krida Wacana, Ketua Program Studi Psikologi dan Manager di Students Advisory Center Universitas Bunda Mulia, associate di sejumlah biro psikologi dan narasumber tetap Tabloid Mom and Kiddie, Pojok Psikologi TVRI dan penanggung jawab acara Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara (KPIN). Clara mendapat award untuk penelitian kelompok di Summer School Asian Association of Social Psychology (AASP) 2012 kemudian lolos seleksi program serupa di Cebu 2015, kini terlibat dalam organizing committee acara nasional seperti Temu Ilmiah Psikologi Sosial 2015 dan Asian Psychological Association 2017. 

Clara menulis bab dalam sejumlah buku: Menentang Diskriminasi, Merentang Persaudaraan dalam buku seri sumbangan pemikiran Psikologi untuk Bangsa; Revolusi Mental Makna dan Realisasi (2015), Integrasi Psikologi dan Teknologi Informasi (2016), Blessing in Disguise, Bersyukur: Tantangan sepanjang waktu, dan Ergonomi: Human Error dan Antisipasinya (dalam buku Psychology for Daily Life, KPIN, 2016), dan Self Comparison in Digital World (dalam buku Identity, Sexuality, and Relationships among Emerging Adults in the Digital Age, IGI Global Amerika, 2016). Penelitian yang Clara lakukan antara lain tentang perubahan sosial dan intervensi atlet bulutangkis remaja.

GITA WIDYA LAKSMINI SOERJOATMODJO, M.A., M.PSI., PSIKOLOG

GITA WIDYA LAKSMINI SOERJOATMODJO, M.A., M.PSI., PSIKOLOG

gita.soerjoatmodjo@upj.ac.id 

Lahir di Jakarta 11 September 1976 dan menyelesaikan S1 Psikologi di Universitas Indonesia 1994-1999, Gita menjadi jurnalis Majalah Tempo lalu koresponden di London seraya studi S2 Understanding and Securing Human Rights di School of Advanced Studies Institute of Commonwealth Studies University of London dengan beasiswa Chevening Award. Sejak 2003, Gita mengelola kerjasama masyarakat sipil lokal, nasional dan regional untuk isu transparansi seraya menjadi dosen di Diploma of Arts Monash College Jakarta. Lulus S2 Profesi Psikologi Pendidikan di Universitas Indonesia 2008-2010, Gita bergabung di PSI UPJ sejak 2011: sebagai dosen, lalu Kepala Unit Liberal Arts, Sustainable Eco Development and Entrepreneurship kemudian Kepala Program Studi. 

Penelitian Gita meliputi penerapan Psikologi demi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat urban melalui kerjasama lintas disiplin. Gita berkontribusi dalam publikasi Romano, A. et. al. (2010) International Journalism and Democracy: Civic Engagement from Around the World London: Routledge, Triwibowo, D. & Hanafi, A. (2015) Civil Society and Transparency in the Extractive Industry: Tales from Southeast Asian Country Jakarta: Indonesian Parliamentary Center, Revenue Watch Institute & USAID; dan Indonesian Conference on Religion and Peace & UPJ (2015) Perjalanan Menjumpai Tuhan Bunga Rampai Refleksi Agama Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 

Karya Gita dapat diakses di https://www.researchgate.net/profile/Gita_Soerjoatmodjo dengan h-index 3 versi Google Scholar. 

SUPRIYANTO, S.PSI., M.SI.

SUPRIYANTO, S.PSI., M.SI.

Menyelesaikan pendidikan jenjang Magister peminatan Psikologi Intervensi Sosial di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada tahun 2013 dan Sarjana Psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (Program Ekstensi) pada tahun 2004. Sebelumnya, pria yang lahir di Yogyakarta 21 April 1976 ini, sempat belajar Fisika Instrumentasi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Indonesia. Sebelum bergabung dengan Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya, Supriyanto telah bekerja di Yayasan Pulih (Banda Aceh), Health Department American Red Cross (Banda Aceh), dan Kementerian Kesehatan RI (Staf Program Global Fund-Health Systems Strengthening). Sebagai staf Riset, Publikasi dan Dokumentasi (RPD) di Yayasan Pulih, ia pernah terlibat dalam mengevaluasi dampak Program Penguatan Psikososial di kamp pengungsi di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, mengembangkan modul pelatihan serta mempublikasikan materi-materi psikoedukasi.

Sementara itu, pada saat bekerja di American Red Cross, selain mengembangkan intervensi komunikasi perubahan tingkah laku (Behavior Change Communication), ia juga bertanggungjawab dalam merencanakan dan mengimplementasikan Program Community Based Health and First Aid (CBHFA) di 4 kabupaten (Banda Aceh, Sabang, Bireun dan Aceh Jaya), mendukung pelaksanaan baseline survey, endline survey dan evaluasi dampak untuk program CBHFA. Beberapa publikasi, baik hasil karya sendiri maupun kolaborasi dalam tim telah diterbitkan dalam bentuk buku, modul pelatihan, jurnal penelitian dan proceeding. 

VERONICA KAIHATU, S.PSI., M.SI.

VERONICA KAIHATU, S.PSI., M.SI.

Kelahiran Yogyakarta, 31 Agustus 1979 ini akrab dipanggil Vemmy. Ia lulus dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia untuk gelar Sarjana Psikologi dan Magister Psikologi Terapan. Ia pernah menjadi staf pengajar lepas di Fakultas Psikologi BINUS University dan staf lepas untuk berbagai kegiatan program pemberdayaan dan penelitian di Lembaga Penelitian Psikologi milik Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Anggota tim penulis buku "Keluarga Indonesia: Aspek dan Perkembangannya di Abad 21" ini berpengalaman dalam merancang dan melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan dan perekrutan, mulai dari lingkup sekolah, organisasi nirlaba, perusahaan sampai dengan dunia seni. Bersama beberapa rekan, Vemmy telah mengembangkan program motivasi belajar remaja, pendidikan kesehatan reproduksi remaja, dan pendidikan manajemen keuangan keluarga. 

Ia juga menjadi salah satu penulis modul "Memberdayakan Pemuda sebagai Pemrakarsa Perdamaian: Sebuah Modul" yang diinisiasikan oleh CINTAIndonesia bekerja sama dengan Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI). Modul tersebut telah dipublikasikan pada tahun 2015. Vemmy bergabung di Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) sejak 2011 dan saat ini juga menjabat sebagai Kepala Unit Jaya Softskills Development Program (JSDP). Ia memiliki minat penelitian terkait tema-tema Psikologi Sosial dan Psikologi Kesehatan dalam konteks urban. Beberapa penelitiannya telah disampaikan dalam konferensi nasional maupun internasional dan salah satunya telah dipublikasikan dalam Asian Journal of Quality of Life tahun 2017.